Header Ads

  • Breaking News

    Mengatasi error Unable to lock directory /var/lib/apt/lists/


    Sudah hampir 1 bulan ini saya kembali menggunakan OS Linux di laptop saya. Penyebabnya? dokumen kerjaan, pondok, dsb terinfeksi virus. Menyebalkan memang. Enggak hilang sih, tapi ya cape aja harus bengong berjam-jam nunggu proses scan selesai.

    Yang saya pakai sekarang Linux Mint 19 yang versi XFCE (XForms Common Environment)atau bahasa gampangnya versi ringan heuheuheu.

    Untuk laptopnya saya pake lenovo ideapad 320 AMD A9 dengan RAM 8GB. Tadinya pake harddisk bawaan yang 1TB, tapi sekarang lagi nyoba pake SSD yang 120GB. Kecil banget? iya... Uangnya cuma cukup beli yang segitu ahahaha

    Oke, setelah hampir sebulan kembali menggunakan linux. Enggak ada masalah yang saya temui, cuma baru saja saya coba update, ternyata muncul peringatan 

    E: Could not get lock /var/lib/apt/lists/lock - open (11: Resource temporarily unavailable)
    E: Unable to lock directory /var/lib/apt/lists/

    Hmmm... Masalah klasik sih. Tapi apa salahnya berbagi?

    Untuk mengatasinya, ada dua cara yang bisa kita lakukan 

    Pertama, kita cukup ketikkan perintah sudo rm /var/lib/dpkg/lock di terminal. Kalo sudah, coba kembali update dengan ketikkan sudo apt update. Kalo berhasil, maka masalah terselesaikan. Kalo engga berhasil? lanjut ke cara kedua

    Kedua, ketikkan perintah sudo rm /var/lib/apt/lists/* -vf di terminal. Kalo sudah, ketikkan perintah sudo apt update untuk mengupdatenya. Mudahmudahan berhasil :)

    Sekian saja... Mau ngopi dulu. Salam :)
          

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad