Header Ads

  • Breaking News

    Kekurangan Menggunakan VPS


    Setelah mengerti atau paling tidak ada gambaran tentang VPS, kali ini kita akan membahas kekurangan penggunaan VPS. Sebenarnya penggunaan VPS sama seperti halnya penggunaan komputer pada umumnya, pasti ada kekurangan dan kelebihan, hanya bedanya karena bentuknya yang virtual, memang agak sedikit rumit bagi mereka yang baru pertama kali menggunakannya.

    Ketika kita baru membeli sebuah VPS maka hal yang pertama kali kita lakukan adalah menginstal sistem operasi sesuai dengan kebutuhan kita. Misalkan kita menggunakan sistem operasi Linux maka proses instalasinya tidak sama seperti ketika kita menginstal sistem operasi di laptop atau komputer biasa, melainkan menggunakan koneksi SSH yang penggunaannya masih sangat manual. Kita harus mengetikkan kode-kode perintah untuk menjalankan fungsi sistem menggunakan CMD jika menggunakan Windows atau terminal jika menggunakan Linux tapi ini tergantung dengan fasilitas dari masing-masing provider VPS itu sendiri. Beberapa provider menyediakan fasilitas auto installer khusus untuk sistem operasi di VPS kita tinggal klik beberapa tombol saja, sistem operasi pun sudah terinstal di VPS kita.

    Langkah selanjutnya ketika kita berhasil menginstal sistem operasi adalah menginstal aplikasi-aplikasi yang akan kita kita gunakan di dalam VPS. Misalnya kita akan menggunakan VPS ini untuk webserver atau web hosting, maka kita harus menginstal secara manual aplikasi aplikasi pendukung untuk webserver Seperti Apache, MySQL, dan sebagainya. Semua ini dilakukan secara mandiri tanpa bantuan dari provider. Kenapa? Karena biasanya layanan VPS hanya mencakup biaya sewa VPSnya saja, tanpa jasa instalasi.

    Namun beberapa provider VPS ada juga yang menawarkan jasa instalasi awal untuk VPS ini atau jasa mengelola VPS secara penuh artinya kita tinggal duduk manis saja tanpa perlu mengurusi persoalan-persoalan yang mungkin dihadapi oleh para pengguna VPS pada umumnya, seperti kemungkinan diretas (hack) dan lainnya. Tentu dengan tambahan biaya, biasanya biaya per bulan kisaran 300 – jutaan perbulan. Tergantung tingkat kesulitannya.

    Sedangkan biaya yang harus kita keluarkan untuk menyewa sebuah VPS tergantung spesifikasi dari VPS tersebut. Semakin tinggi spesifikasinya, maka akan semakin mahal juga harganya. Untuk VPS dengan RAM 1GB dan harddisk 20GB, kisaran harganya Rp 100.000 – 150.000 perbulan atau Rp. 1.200.000 – 1.800.000 pertahun.

    (Bersambung)

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad